Sunday, May 14, 2006

ekskul!

Joshua (VJ Ramon) seorang siswa SMU yang hidup penuh tekanan, baik di keluarga maupun di sekolah. Kedua orang tua Joshua menerapkan pola asuh yang keras. Setiap kekeliruan pasti akan berbuah hukuman yang melukai fisik dan emosi Joshua.

Perlakuan yang nyaris sama pun dia terima di lingkungan sekolah. Joshua kerap kali mendapat cacian & hukuman fisik dari teman-temannya yang menganggap Joshua sebagai Outsider (orang yang aneh). Ditambah lagi dengan perlakuan sang guru yang pilih kasih. Joshua pernah pacaran dengan Kattie (Metta Yunatria), siswi cantik di sekolah. Tetapi Katie menjadi paranoid terhadap Joshua yang berprilaku aneh, akhirnya Kattie memutuskan secara sepihak hubungan dengan Joshua dan menjadi dekat dengan Mike (Sammuel), dan hal tersebut dianggap Joshua sebagai sebuah pengkhianatan.

Tekanan demi tekanan yang terus diterima oleh Joshua membuat jiwa & emosinya tidak stabil. Hingga pada suatu hari, Joshua menyandera beberapa teman sekolahnya yaitu Kattie, Jessica, Emi, Mike, Matius dan Jerry. Hal itu dilakukan karena dia merasa sudah tidak tahan lagi dengan perlakuan kasar yang selalu diterimanya.. Mereka semua tadinya dianggap teman oleh Joshua, tetapi akhirnya Joshua menyadari bahwa mereka adalah teman-teman yang palsu dan ia hanyalah sebuah lelucon bagi mereka.

Mulai beredar di bioskop Indonesia dan Malaysia tanggal 18 Mei 2005.


Personal Notes: Ini film yang berani banget setelah 9 Naga. Scene yang tergolong physical suffering banyak banget. Ngangkat tema bullying, senioritas, dan realita tekanan batin anak SMU. Tadi saya nonton trailer dan behind the scenenya film ini di TV7, dan saya angkat topi tinggi-tinggi buat VJ Ramon. Sempet gak kenal Ramon karna dia tatapannya sangat tajam dan penuh amarah. Genre dan alur cerita mirip dengan 'Bukan Saya Tapi Mereka Yang Gila' Novel karya Stephanie Hid, yang mengangkat cerita seorang pelajar smu yang desperate lalu megang pistol. Salut buat penulis cerita Ekskul dan sutradaranya, Nayato. Saya suka ambience dan angle dan juga efek asap ala Indika Production. I put a high expectation on this movie, really high. Can't wait to eyewitness myself.

Tau ga. Film ini diributin di Forum Sinema Indo INDO***R dan dingomongin yang jelek2. Tapi. Bodohnya *literally I mean* mereka meributkan kenapa si pembuat film ini gak konsisten dalam ngasih info buat masyarakat. Mereka bilang dengan bodohnya *gue ngomong ini karna emang terbukti bodoh ya* si INDIKA entertainment gak jelas soal SUTRADARA film ini, ada statement INDIKA yang bilang bahwa sutradaranya adalah KOYA PAGAYO, ada juga yang ngomong bahwa sutradaranya adalah NAYATO.

Nah rakyat forum INDO***R ini meributkan hal itu. This is what they say:
gw gak suka ama sutradara film ini. gw gak tahu nama sebenarnya dia apa. Nayato Fionuala atau Koya Pagayo. kenapa sih musti di samar2kan kayak ini. gak pede ya dengan filmnya. memang sih film2 sutradara ini sampah abis.


Tolooong dong. FYI. NAYATO dengan KOYA PAGAYO itu SATU orang. Pernah denger a.k.a.? --; SWT. Plis deh. Gak tau apa2 tapi ngomong doang. Dijadiin dasar penilaian lagi. Hates that. --;


Buat Droo: Sori ternyata cuma 6 orang yang disandera! Mata silinder gue nangkepnya belasan. Sigh. --;
P.S.: Saya gunting rambut tadi sore! Beda loh sama biasanya. Tralala.. *kabur*
P.S.2.: Saya sedang mencoba menelepon seseorang, tapi gak diangkat. Ya udahlah ya. --;
X.BOX.: *ngaco* Afraid of you feeling fed up of me.

5 comments:

Desperate Houseboy said...

Kayaknya film ini bisa mengecewakan.

Dari Sinema Indonesia:

Rilis: 18 Mei 2006

Sutradara: Nayato (a.k.a. Koya Pagayo). Penulis: Eka D. Sitorus. Pemain: Ramon Y Tungka. Metha Yunatria, Sheila Marcia, Indra Brasco.

Plot:
Seorang anak SMA (Ramon) yang tadinya outsider gitu loh akhirnya frestrasi dan menyandera teman-temannya di ruangan BP.

The Buzz:
Kami tidak akan mengklaim bahwa filmmakernya mengganti judul film ini yang tadinya "Outsider" menjadi "Ekskul" gara-gara dikata-katai pembaca Sinema Indonesia. Malah kami berharap bahwa film ini akan akan masuk dalam kategori "guilty-pleasure" kami. Mudah-mudahan saja film ini dipenuhi darah dan adegan seks anak-anak SMA. Kalau nggak, dengan reputasi Nayato a.k.a. Koya Pagayo, film ini cuma akan mengingatkan kita pada film-film juara termasuk Elephant-nya Gus Van Sant, dan Falling Down yang dibintangi Michael Douglas.

Trivia:
Penulis Eka D. Sitorus adalah acting coach beberapa film Indonesia. Btw, tagline-nya kreatif banget deh. "Ekskul: Sebuah Ekstrakurikuler". Nanti apa? Mungkin "BP: Sebuah Bimbingan Penyuluhan" atau "PMP: Sebuah Pendidikan Moral Pancasila". Eh, udah nggak ada lagi, ya?



******

Brian said...

OH. Droo. Gue baru ngeh bahwa lo dapet refrensi dari Sinema Indonesia. Tapi. Kenapa segitu banyaknya orang yang percaya sama Sinema Indonesia ya? --; Kritik mereka gak ada yang membangun loh padahal. --;

Brian said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Ekskul??Sbnrnya dari prtm ge nonton,ge blm 'ngeh' dimana letak judul ekskulnya *fiuuh* tp gak salah sih nih film oke juga,masalahnya br ni film yg bs bikin ge nangis *ad arti lain di kehidupan ge jg mgkn*

Yaah...biarpun gt yg pntng pemain utamanya yg bs buat ge suka ama ni film !!

piupu...ciKopaka RAMON

Anonymous said...

hah? belain koya pagayo? ga salah nih?? tapi yaa gak heran juga sih, secara buku2 yg lo baca yg sebangsanya jenar dan yg ditunggu2 adalah kasetnya pentolan II.